Live Skor Prediksi Skor Pertandingan Bola – Munich – Franz Beckenbauer langsung mengklarifikasi pernyataannya mengenai Bayern Munich setelah komentar itu dinilai sebagai bentuk kritiknya terhadap taktik Pep Guardiola.
Legenda hidup sepakbola Jerman yang juga presiden kehormatan Bayern itu mengeluarkan pernyataannya yang mencuri perhatian tersebut ketika ia sedang menjadi komentator tamu untuk Sky dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Bayern dengan Arsenal, Rabu (12/3/2014) dinihari WIB
Di laga yang berakhir 1-1 dan meloloskan Bayern itu, klub Bavaria tersebut kembali memperlihatkan permainan penguasaan bola yang menitikberatkan ke operan, terutama di babak pertama, memancing komentar Beckenbauer.

“Jika begitu filosofinya maka kami akan banyak bersenang-senang di masa depan. Mereka akan jadi seperti Barcelona, yang tidak lagi menarik disaksikan karena mereka mengoper bola ke belakang ketika sudah ada di garis gawang,” ucapnya.
Komentar Beckenbauer itu langsung dikutip media-media seantero dunia dan dinterpretasikan sebagai bentuk kritik kepada Guardiola, yang sebelum melatih Bayern sempat menangani Barca pada periode 2008-2012 dan menerapkan sepakbola penguasaan bola dengan operan pendek yang kini juga diperagakan Bayern.

Akan tetapi, dalam wawancara dengan Bild, Beckenbauer meluruskan komentarnya. Ia menegaskan bahwa kata-katanya itu semata-mata kritikan kepada Barca saja, bukan kepada Bayern atau Guardiola.
“Kritikan itu pertama-tama ditujukan buat gaya Barcelona yang maju dan mundur seperti di Circus Sarrasani,” sebutnya, merujuk pada sebuah grup sirkus yang tenar sebelum Perang Dunia Kedua.
“Di sisi lain kami memiliki kombinasi bagus dari permainan operan dan juga mencari celah untuk menembak bola di paruh pertama musim ini,” imbuh Beckenbauer seperti dilansir ESPN.