Hasil SkorCek SkorPrediksi SkorLiga Indonesia – Vietnam bisa berbangga hati. Para penggemar sepak bola, khususnya tim nasional Vietnam, kini memiliki stadion dengan taraf internasional, yakni Stadion Nasional My Dinh.

Stadion Nasional My Dinh resmi dibuka pada 2003. Pada awalnya, stadion tersebut direncanakan bakal digunakan untuk laga-laga sepak bola dan atletik dalam ajang SEA Games 2003 di Hanoi, Vietnam.

Setelah perhelatan SEA Games 2003, Stadion Nasional My Dinh menjadi markas klub The Cong mulai 2005-2008. Kemudian, Viettel FC gantian menggunakan stadion itu sebagai kandangnya pada 2010.

Lokasi Stadion Nasional My Dinh terletak di barat daya ibu kota Hanoi. Berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat kota, Stadion Nasional My Dinh merupakan stadion terbesar kedua di Vietnam, setelah Stadion Can Tho.

Seperti kebanyakan stadion di kawasan Asia Tenggara, sisi bisnis belum banyak terdapat di area Stadion Nasional My Dinh. Stadion itu hanya digunakan ketika ada kegiatan olahraga, yakni sepak bola atau atletik. Namun, antusias warga Vietnam selalu meriah tiap kali ada kegiatan olahraga di stadion itu.

“Bagi kami, Stadion Nasional My Dinh adalah sebuah kebanggaan masyarakat Vietnam,” kata seorang penonton asal Vietnam yang hendak menyaksikan laga Vietnam melawan Indonesia, Sabtu (22/11/2014).

Perusahaan asal China, HISG Group, memenangi tender pembuatan Stadion Nasional My Dinh. Biaya pembangunan stadion berkapasitas 40.000 kursi itu mencapai sekitar 53 juta dollar AS.

Di sekitar Stadion Nasional My Dinh terdapat dua lapangan sepak bola. Lapangan itu biasanya digunakan untuk latihan tim-tim yang akan berlaga di Stadion Nasional My Dinh, beberapa hari kemudian.

Stadion Nasional My Dinh berukuran 120 meter x 90 meter. Stadion tersebut memiliki empat tribun utama. Tribun barat dan timur memiliki tinggi 25,8 meter. Tribun tersebut diperuntukkan bagi para suporter dan tamu-tamu kehormatan.

Lalu, tribun utara dan selatan berukuran lebih kecil. Hanya memiliki tinggi sekitar 8,4 meter, tribun tersebut biasa digunakan untuk para suporter fanatik Vietnam ketika menjamu lawan-lawannya dalam laga internasional.

Untuk ajang Piala AFF 2014, Indonesia akan bermain sebanyak dua kali di Stadion Nasional My Dinh. Pertandingan pertama, Indonesia langsung berhadapan dengan Vietnam pada 22 November 2014. Pada laga kedua, pasukan Alfred Riedl akan bertemu Filipina, tiga hari berselang.

Untuk laga terakhir melawan Laos, Indonesia tidak akan bermain di Stadion Nasional My Dinh disebabkan dalam waktu yang bersamaan Vietnam bakal menjamu Filipina. Laga Indonesia melawan Laos bakal dihelat di Stadion Hang Day, Hanoi, 28 November 2014.