Hasil SkorCek SkorPrediksi SkorLiga Spanyol – Punya skuat penuh pemain-pemain bintang bisa saja membuat pelatih tak bisa tidur menentukan starter jelang menjalani laga. Tapi pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti punya cara tersendiri agar tetap bisa tidur pulas.

Tak ada yang berani meragukan kualitas skuat Madrid. Sebut saja nama-nama pemainnya: Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, Gareth Bale, James Rodriguez, Toni Kroos, Luka Modric, Sergio Ramos, dan Iker Casillas.

Itu belum termasuk Sami Khedira, Marcelo, Alvaro Arbeloa, Isco, atau Javier Chicarito. Soal nilai skuat pun tak kalah wah. Untuk lima pemain saja –Kroos, Modric, Bale, Rodriguez, Ronaldo–, Madrid mengeluarkan biaya sebesar 275 juta pounds (!).

Maka tekanan menjadi pelatih Madrid sudah jelas tak enteng, punya skuat bintang nan mahal jelas jadi beban tersendiri. Selain para pemain tersebut pasti punya ego besar, pihak manajemen juga tentu tak mau uang yang dikeluarkan mubazir jika para rekrutan mahal tersebut hanya duduk di bangku cadangan.

Menentukan starter di tiap laga jadi salah satu hal yang barangkali paling bikin pusing, setelah menentukan formasi yang tepat untuk mengakomodasi semua faktor . Di bawah tekanan besar tadi, Ancelotti sebagai pelatih jelas harus mempertimbangkan banyak hal yang memuaskan berbagai pihak namun juga berujung pada hasil bagus.

Tapi pengalaman melatih tim-tim besar memberikan pelajaran berharga untuk pelatih asal Italia tersebut. Ancelotti kini punya cara sendiri agar tetap bisa tidur pulas dan tak pusing menentukan starter untuk tiap laga yang menjelang.

“Saya pernah melakukan kesalahan di waktu yang lampau. Di Juventus, saya pernah tak bisa tidur semalaman karena memikirkan siapa yang harusnya saya mainkan, (Filippo) Inzaghi atau (Darko) Kovacevic,” ujar Ancelotti dikutip AS.

“Ketika saya bangun, saya mengetahui bahwa Inzaghi malah tidak bisa bermain. Sekarang saya memutuskan starter sebelum saya tidur dan saya bisa tidur dengan nyenyak,” demikian pelatih 55 tahun ini.

Madrid sendiri tengah dalam laju oke. Sudah 13 pertandingan terakhir selalu dimenangi. Selain sedang memuncaki klasemen Liga Spanyol, Los Blancos juga sudah memastikan lolos dari fase grup Liga Champions.