Hasil SkorCek SkorPrediksi SkorPiala Dunia 2014 – Satu partai pada babak 16 besar akan mempertemukan, juara grup C Kolombia dengan runner-up grup D Uruguay hari Minggu (29-06-2014) Pukul 03.00WIB dinihari. Kolombia lolos ke babak 16 besar setelah meraih angka penuh di grup dengan menang melawan Yunani, Pantai Gading, dan Jepang. Sedangkan Uruguay berhasil lolos dari hadangan grup maut dengan memulangkan Inggris dan Italia, meski sempat ditundukkan Kosta Rika pada laga pertama.
kolombia vs uruguay

Tapi Uruguay harus menerima kenyataan pahit setelah striker andalan mereka, Luis Suarez, tidak lagi bisa tampil di Piala Dunia 2014. Striker Liverpool itu mendapatkan larangan bertanding dari FIFA setelah melakukan tindakan kontroversial menggigit Giorgio Chiellini saat Uruguay melawan Italia di laga terakhir babak grup. Dengan absennya Suarez, sang pelatih Oscar Tabarez, kemungkinan akan kembali menunjuk Diego Forlan untuk mendampingi Edinson Cavani di depan. Dengan formasi 4-3-1-2 yang mereka peragakan saat mengalahkan Inggris, kedua pemain ini akan menjadi ujung tombak di depan.

Di barisan pertahanan, permainan bek muda Atletico Madrid, Jose Maria Gimenez, saat menggantikan Diego Lugano yang cedera di fase grup, mungkin akan membuat Tabarez mempertahankan duet Godin dan Gimenez pada bek tengah. Lalu, posisi fullback kanan akan kembali diisi Martin Caceres sedangkan di kiri akan ditempati Alvaro Pereira.

Absennya Suarez secara tidak langsung membuat kondisi kedua tim menjadi lebih “adil”. Pasalnya, Kolombia juga sejak jauh hari telah kehilangan striker andalan mereka yang juga menjadi top skor saat babak kualifikasi, Radamel Falcao. Pemain AS Monaco ini harus dicoret dari 23 nama pemain Kolombia setelah mengalami cedera ligamen di lutut. Jose Pekkerman, pelatih Kolombia, juga sepertinya tidak akan merubah formasi andalan, 4-3-2-1.

Dengan menjadikan James Rodriguez sebagai pusat serangan di tengah, Kolombia memiliki pasukan penyerang yang memiliki kecepatan luar biasa. Victor Ibarbo di kiri dan Guillermo Cuadrado di kanan akan membantu James Rodriguez mengirimkan bola ke Teofilo Gutierez di depan. Pasukan pemain inilah yang berhasil membawa Kolombia menjadi tim kedua paling subur di fase grup dengan mencetak 9 gol.