Hasil Skor Cek Skor Prediksi Skor Liga Spanyol – Final Copa del Rey musim ini akan mempertemukan tim asal Catalan dan tim asal Basque. Barcelona dan Athletic Bilbao. Mengingat sejarah Catalan dan Basque, Andres Iniesta meminta lagu kebangsaan Spanyol di final nanti dihormati.
iniesta

Baik Catalan ataupun Basque sama-sama pernah mengalami masa-masa tidak enak di masa lalu. Keberpihakan kedua bangsa tersebut kepada kubu Republik dalam civil war pada 1930-an membuat mereka amat dibenci oleh Jenderal Franco yang merupakan pemimpin kubu Nasionalis.

Imbasnya, ketika selama rezim Franco berkuasa, segala hal yang berbau Catalan ataupun Basque, entah itu simbol ataupun bendera, mendapatkan pelarangan. Catalan dan Basque pun sama-sama terkenal dengan keinginan mereka untuk memisahkan diri dari Spanyol.

Kini, kedua klub yang mewakili entitas bangsa tersebut, Barca dan Bilbao, akan bertemu di final Copa del Rey. Ada kemungkinan bahwa ketika lagu kebangsaan Spanyol, ‘Marcha Real’, diperdengarkan, pendukung dari kedua klub akan menyoraki atau menyiulinya.

Namun, Iniesta tidak menginginkan hal itu terjadi. Gelandang Barca itu pun mengimbau dari jauh-jauh hari agar menghormati lagu kebangsaan Spanyol ketika diperdengarkan.

“Bukan sesuatu yang menyenangkan jika hal itu sampai terjadi. Pada akhirnya, saya hanya ingin ini soal olahraga saja dan sudah seharusnya isu-isu lain dikesampingkan.” ucap Iniesta.

“Yang paling penting buat saya adalah bermain pada sebuah laga kompetitif yang indah. Segala hal yang tidak berkaitan dengan sepakbola tidak pernah bagus,” kata Iniesta.

Final Copa del Rey musim ini akan digelar pada 30 Mei mendatang. Sempat terjadi tarik-ulur tempat digelarnya pertandingan, pada akhirnya diputuskan kalau Camp Nou yang jadi tuan rumah partai puncak tersebut.