Hasil Skor – Cek Skor – Prediksi Skor – Liga Spanyol – Cesc Fabregas.Messi Atau C.Ronaldo? Siapakah di antara ketiga superstar itu yang paling rajin membuat assist berpeluang gol bagi rekan-rekannya di lima liga top Eropa musim ini? Berdasarkan statistik, ternyata jawabannya bukan satu pun di antara mereka.

Untuk mengetahuinya, kita cukup melihat angka rata-rata key passes per game yang dibukukan oleh pemain yang bersangkutan. Rasio key passes per game menunjukkan jumlah operan berpeluang gol yang dikreasi tiap pemain dalam setiap penampilan mereka.

Di lima liga top Eropa 2014/15 sejauh ini, angka rata-rata key pass Ronaldo, Messi dan Fabregas memang termasuk dalam sepuluh besar. Namun, bukan mereka yang menempati posisi puncak.

Ronaldo sudah mengoleksi lima assist dengan seragam Real Madrid di La Liga musim ini, sedangkan Messi telah mengemas tujuh assist bersama Barcelona. Sementara itu, Fabregas lebih hebat lagi. Sembilan assist sejak hijrah dari Barcelona ke Chelsea telah dikoleksi Fabregas di Premier League musim ini hingga pekan ke-11.

Ronaldo, Messi dan Fabregas sudah mengukir banyak assist karena didukung rekan-rekan dengan finishing touch yang terbilang mematikan.

Namun, sekali lagi, ketiga superstar itu bukanlah pemain yang paling rajin membuka peluang gol bagi rekan-rekannya. Untuk urusan key passes per game, mereka masih kalah dari setidaknya empat pemain lain.

Berikut adalah daftar sepuluh besar pemain dengan rata-rata key passes per game tertinggi di lima liga top Eropa 2014/15 sejauh ini. Ada di posisi berapakah Ronaldo, Messi dan Fabregas? Siapakah pemain yang menempati tangga teratas?

Berdasarkan statistik WhoScored, berikut hitung mundurnya.

10.  Mateo Kovacic (Inter Milan)                                           5.  Lionel Messi   (Barcelona)

9.    Mirko Valdifiori (Empoli)                                                 4.Stewart Downing (West Ham)

8.   Cristiano Ronaldo (Real Madrid)                                 3.Dusan Tadic (Southampton)

7.   Carlos Tevez  (Juventus)                                                      2. Dimitri Payet(Marseille)

6.  Cesc Fabregas (Chelsea)                                                       1.Kevin De Bruyne(Wolfsburg)