Prediksi Skor – Hasil Skor – Cek Skor – Atletico Madrid lolos ke final Liga Champions setelah menang 3-1 atas Chelsea pada laga semifinal leg kedua Liga Champions di Stadion Stamford Bridge, London, Rabu (30/4/2014). Secara agregat, Los Colchoneros unggul 3-1 atas The Blues. Pada laga kali ini, Jose Mourinho memasang enam pemain bertipe bertahan, yakni Branislav Ivanovic, Gary Cahill, John Terry, Ashley Cole, David Luiz, dan Cesar Azpilicueta. Sementara itu, di kubu Atletico, pelatih Diego Simeone menampilkan mayoritas skuad terbaik, minus Gabi Fernandez yang menjalani larangan bermain akibat akumulasi kartu.
atm

Atletico bermain terbuka sejak menit pertama pertandingan. Peluang pertama dihasilkan tembakan spekulasi Koke dari sudut sempit pada menit ke-4. Sayangnya, bola dari Koke hanya membentur tiang gawang, yang kemudian dibuang Cahill. Setelah kesempatan dari tim tamu, Chelsea mulai berani keluar menyerang. Lini tengah The Blues yang digalang Luiz, Ramires, dan Willian mampu memegang kendali permainan. Pada menit ke-15, Chelsea memperoleh peluang mencetak gol dari tendangan bebas. Akan tetapi, eksekusi Willian hanya melambung tipis dari gawang Thibaut Courtois.

Chelsea kembali mendapatkan kesempatan membuka keunggulan. Namun, kali ini tendangan akrobatik Luiz hanya menyamping dari sasaran. Peluang kedua Chelsea pun gagal berbuah gol. Usaha Chelsea mencetak gol akhirnya terwujud pada menit ke-36. Gol diawali dengan aksi individu Willian dari sisi kanan. Bola kemudian mengarah kepada Azpilicueta. Tanpa pikir panjang, Azpilicueta memberikan umpan silang yang disambut tendangan Fernando Torres. Bola meluncur ke arah gawang Atletico tanpa bisa dihentikan Courtois. Gol tersebut tidak membuat Torres melakukan selebrasi. Atletico merupakan mantan klub yang membesarkannya.

Keunggulan Chelsea sirna jelang babak pertama berakhir. Umpan silang Juanfran gagal dibendung barisan pertahanan Chelsea. Bola disambar tembakan Adrian yang mengoyak gawang Chelsea sekaligus menutup babak pertama dengan skor 1-1. Dua menit babak kedua berlangsung, Atletico memiliki kesempatan unggul. Namun, tendangan voli Arda Turan masih bisa dimentahkan kiper Chelsea, Mark Schwarzer.

Chelsea tak mau ketinggalan mengancam gawang tim tamu. Pada menit ke-53, Chelsea mendapatkan tendangan bebas yang dieksekusi Willian. Umpan Willian mengarah kepada Terry yang menyundul bola ke gawang Atletico. Sayangnya, kesempatan itu gagal karena aksi penyelamatan gemilang Courtois. Butuh kemenangan demi meraih tiket ke babak final. Mourinho kemudian mulai mengarahkan permainan menyerang. Samuel Eto’o dimainkan untuk mengganti tempat Cole. Masuknya Eto’o kembali memaksa Azpilicueta balik ke posisi bek kiri.

Namun, Eto’o malah membuat kesalahan. Bermaksud mengamankan bola, Eto’o kalah cepat dari Diego Costa. Kaki Eto’o malah menjegal Diego Costa di dalam kotak penalti. Wasit dari Italia, Nicola Rizzoli, tak segan memberikan hadiah penalti untuk Atletico. Costa yang menjadi algojo tanpa kesulitan menaklukkan gawang Chelsea untuk membuat Atletico berbalik unggul 2-1. Sebelum mengeksekusi penalti, Costa sempat mendapatkan kartu kuning karena dianggap mengulur waktu saat berusaha menempatkan bola di titik putih.

Tertinggal 1-2 membuat Chelsea semakin sulit. Pasalnya, pasukan Mourinho membutuhkan dua gol demi lolos ke partai final. Namun, bukan gol yang didapat. Gawang Schwarzer justru kembali bobol untuk kali ketiga pada menit ke-71. Juanfran, yang bebas di sisi kanan, memberikan umpan silang ke mulut gawang Chelsea. Arda Turan menyambutnya dengan sundulan, tetapi membentur mistar. Namun, bola muntah kembali dimaksimalkan  Arda Turan untuk membawa Atletico semakin menjauh, 3-1.

Skor 3-1 untuk Atletico tetap bertahan hingga pertandingan usai. Kemenangan itu membuat Atletico menantang Real Madrid sekaligus memastikan sesama klub kota Madrid bertemu di Stadion da Luz, Lisabon, 24 Mei mendatang.

Susunan pemain

Chelsea: 23-Mark Schwarzer; 2-Branislav Ivanovic, 24-Gary Cahill, 26-John Terry, 3-Ashley Cole (29-Samuel Eto’o 54); 4-David Luiz, 7-Ramires; 22-Willian (14-Andre Schuerrle 77), 17-Eden Hazard, 28-Cesar Azpilicueta; 9-Fernando Torres (19-Demba Ba 67)
Pelatih: Jose Mourinho

Atletico: 13-Thibaut Courtois; 20-Juanfran, 23-Miranda, 2-Diego Godin, 3-Filipe Luis; 4-Mario Suarez, 5-Tiago Mendes; 7-Adrian Lopez (8-Raul Garcia 66), 6-Koke, 10-Arda Turan (11-Cristian Rodriguez 82); 19-Diego Costa (24-Jose Sosa 76)
Pelatih: Diego Simeone

Wasit: Nicola Rizzoli